WELCOME TO MY BLOG! | I'M SORRY, THE BLOG IS STILL UNDER CONSTRUCTION AND REPAIRING | SORRY FOR ANY INCONVENIENCE | THANK YOU SO MUCH FOR YOUR VISITATION | CHEERS ^_^

7 September 2011

TIPS BELAJAR

Bismillahirrahmmanirrahim....

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

Banyak orang bertanya, bagaiman sih cara belajar yang efektiv?

Menurut kacamata saya tiap orang memiliki cara belajar tersendiri. Jadi temukanlah cara belajar Anda, keep spirit !!

Kalupun boleh berbagi opini, belajar akan terasa sangat menyenangkan apabila kita memulai dengan niat yang baik. Tentu ada di antara Anda yang mungkin bertanya niat baik itu seperti apa? Apakah kita belajar supaya nantinya mudah mendapatkan pekerjaan? Atau belajar agar mendapat ketenaran karena kita adalah orang yang pintar? dan banyak lagi motivasi-motivasi yang lain.... Saya rasa tujuan kita belajar adalah menghilangkan kebodohan yang ada pada diri kita dan orang lain yang semuanya kita harus niatkan hanya untuk meraih keridhaan Alloh yang maha kuasa....

Dari pengalaman saya ketika masih kuliah, tidak menutup kemungkinan Anda yang masih duduk di bangku sekolah dapat menerapkan metode belajar ini yang saya anggap sangat efektiv.

  • Bacalah secara sekilas materi yang akan di bahas oleh guru/dosen.
  • Ketika proses kegiatan belajar mengajar, simaklah dengan aktiv dan penuh konsentrasi apa yang disampaikan oleh guru/dosen(kalau memungkinkan duduklah di bangku paling depan).
  • Saat di rumah/kos pelajarilah kembali materi yang telah diajarkan oleh guru/dosen pada hari tersebut. Usahakan semua pelajaran yang diajarkan irdipahami secara keseluruhan. Kalau tidak bisa tanyakan ke teman atau guru/dosen pada pertemuan berikutnya. Jangan sampai materi yang belum kita pahami menumpuk sehingga menimbulkan rasa frustasi, yang pada akhirnya kita akan membenci pelajaran tersebut dan tidak ingin mempelajarinya lagi.
  • Kunci sukses belajar yang tidak kalah pentingnya setelah mengusakan beberapa poin di atas adalah berdo'a kepada Allah yang Maha Segala-galanya dan menyerahkan segala urusan kepadaNya.

Insya Alloh kalau Anda membiasakan hal ini dalam belajar, saya optimis Anda akan sukses dalam menuntut ilmu. Good Luck.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

Selong, 7 September 2011

Hormat saya,

Kurniawan Arizona

(Abu Abdirrahman)


SUMBER:
http://www.psb-psma.org/content/blog/4239-tips-belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar